News & Tips: Bencana di Tengah Meningkatnya Popularitas Pantai Klayar




Sungguh miris, di tengah mulai menanjaknya popularitas Pantai Klayar (mulai munculnya liputan-liputan Televisi tentang keindahan Pantai Klayar) muncul berita duka yaitu Pantai Klayar mulai memakan korban. berita-berita tersebut mulai muncul di Televisi, Koran, maupun di internet. Salah satunya adalah berita dari Liputan6.com yang memberitakan bahwa

"Ari Susento dan Dedy Pratomo tergulung ombak Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur, Rabu (11/5). Kedua wisatawan itu terseret ombak saat tengah menikmati keindahan pantai di pinggir batu karang.

Ari bisa menyelamatkan diri, namun kondisinya lemah. Sementara Dedy hingga kini belum ditemukan. Tim SAR yang dibantu warga masih terus mencari korban. "Kendala pencarian karena ombak besar. Kita tidak mungkin mencari menggunakan kapal. Kita hanya bisa memantau saja," tutur Tri Mujiarto, tim penanggulanagn bencana daerah Kabupaten Pacitan.


Peristiwa ini menambah daftar panjang korban akibat gelombang tinggi di Pantai Klayar. Ahad lalu, tiga orang tewas dan satu lainnya hilang setelah diterjang ombak. Sementara empat orang lainnya selamat, namun dalam kondisi kritis Ahad (1/5)"





Pemberitaan-pemberitaan tersebut akan sangat mempengaruhi popularitas Pantai Klayar yang tengah menanjak dan akan berpengaruh terhadap jumlah wisatawan yang  akan datang berkunjung menikmati keindahan pantai Klayar karena dengan adanya pemberitaan tersebut wisatawan akan takut untuk datang ke Pantai klayar dimana hal ini akan berdampak terhadap pendapatan warga sekitar. Sungguh sangat disayangkan, karena sebenarnya jika kita berhati-hati terhadap diri kita sendiri bencana tersebut tidak seharusnya terjadi.

Dengan adanya bencana tersebut tentu kita yang belum pernah berkunjung ke Pantai Klayar pasti akan bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi. Pertama, Pantai Klayar memiliki garis pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang kita tahu memiliki ombak yang besar. Kedua, Pantai Klayar memiliki bentuk pantai yang curam dan berkarang. Ketiga, dimana hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Klayar ini malah menjadi tempat bencana itu terjadi yaitu "Air Mancur Alami" (air mancur yang keluar dari retakan karang akibat tekanan ombak yang datang dari bawah karang yang bisa mengeluarkan bunyi seperti seruling). Kenapa? karena hal ini akan sangat berbahaya jika kita melihat Air Mancur Alami ini dari dekat dan saat ombak pasang datang. Wisatawan tidak menyadari bahwa jika ombak besar tiba-tiba datang bisa sampai ke atas batu karang dan menyapu apapun yang ada di atasnya. Hal inilah yang bisa menyebabkan bencana tersebut, karena kita terlalu mengagumi keindahan alam akan sangat berbahaya akibatnya jika tidak berhati-hati terhadap alam itu sendiri. 



Atau jika memang benar-benar ingin melihat Air Mancur Alami ini, anda bisa melakukannya tanpa harus membahayakan diri anda sendiri yaitu dengan cara melihat dari atas bukit yang ada di sisi kanan Pantai. Dari bukit anda akan memiliki jarak yang aman dari Air Mancur berbahaya tersebut.






tujuan kita berkunjung ke Pantai ini adalah untuk mengagumi dan menikmati keindahan alam yang telah diberikan Tuhan untuk kita, bukan untuk membahayakan diri sendiri ataupun keluarga. maka sayangilah alam dan diri anda sendiri. Beberapa Tips berwisata di pantai dibawah ini mungkin bisa sedikit membantu anda untuk berwisata dengan aman, nyaman, dan menyenangkan, 
  1. Menggunakan sun block (pelindung dari sinar matahari).
  2. Memakai kacamata hitam dan topi, selain mengurangi panas juga terlihat lebih bergaya.
  3. Membawa obat-obatan pribadi. 
  4. Pakaian khusus untuk berbasah-basahan, khusus untuk snorkel gunakan kaus lengan panjang dan celana panjang (training) untuk menghindari permukaan karang yang tajam yang dapat melukai kulit.
  5. Kamera/Video, untuk mengabadikan momen special saat berwisata.
  6. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, yang tidak boleh anda lakukan khusus di Pantai Klayar ini adalah jangan mandi di Laut atau bermain di karang saat ombak sedang pasang.
  7. Duduk-duduk atau Jalan-jalan diatas pasir putih sambil menikmati angin pantai dan deburan ombak adalah cara yang aman untuk dilakukan di pantai klayar.
     
 So, Sekarang tidak perlu khawatir atau takut lagi untuk datang ke Pantai Klayar kembali, karena yang menentukan aman atau tidak aman adalah kita sendiri. Akan sangat rugi jika anda tidak/belum pernah datang ke Pantai Klayar... Selamat berwisata dan satu lagi pesan untuk anda, KEEP THE BEACH CLEAN!